Affiliate Program

RATATOUILLE


Ratatouille adalah resep masakan Perancis yang sangat mendunia, merupakan masakan sederhana yang telah merebut hati pecinta masakan di seluruh dunia. Rattatouille merupakan masakan petani yang terdiri dari terong panggang, zucchini, paprika dan keju yang dibumbui secara sederhana. Rasa Ratatouille yang khas dan sederhana semakin menjadi perhatian dunia setelah keluarnya film Ratatouille yang mengisahkan impian seekor tikus yang ingin menjadi chef terkenal seperti chef Gusteou idolanya yang merupakan chef terkemuka di Perancis dengan semboyannya ‘Anyone Can Cook’ dan menjadi buku masakan best seller di Paris Perancis. Setiap hari tikus Remy menonton acara memasak yang dipandu oleh chef Gusteou, Remy memiliki indera penciuman yang luar biasa tajam sehingga dia mampu menyebutkan semua bahan dari makanan yang dia temukan, bahkan dia sangat hafal dengan semua resep masakan chef Gusteou.
Suatu ketika ketika sedang berjalan-jalan dengan saudaranya Emyle dia menemukan jamur yang istimewa dan Emyle membawa sebuah keju mahal dan sangat lezat maka muncul ide untuk membuat masakan, remy memannggangnya diatap sehingga terkena petir, masakannya akan tambah lezat jika ditambah kunyit bubuk andalan chef gusteou yang adan di dapur wanita tua yang selama ini atap rumahnya dijadikan koloni oleh keluarganya. Ketika bumbu kunyit telah ditemukan Remy sedang melihat acara tentang chef Gusteou dimana setelah mendapat kritikan dari Anton Ego, kritikus masakan yang terkenal, ia merasa terpukul dan tak lama kemudian meninggal. Tiba-tiba wanita tua terbangun dan terkejut melihat tikus di dekatnya, ia langsung mengambil senapan dan menembaki Remy dan Emyle hingga atapnya jatuh dan terlihatlah koloni tikus yang sangat banyak. Semua tikus melarikan diri karena Remy berusaha membawa lari buku chef Gusteou dia terpisah dengan keluarganya.
Setelah terdampar sendirian di selokan Remy atas saran bayangan chef Gusteou yang berbicara padanya memenjat keatas dan sangant terkejut ketika mengetahui bahwa selama ini dia berada di bawah kota Paris dan dekat dengan restoran bintang tiga dari chef Gusteou, iapun melihat dapur restoran yang saat itu kebetulan dating seorang anak bernama Linguiny mencari kerja ditempat itu, ia dalah anak kekasih chef Gusteou Renata Linguiny. Ia dipekerjakan sebagai tukang sampah yang secara tak sengaja menumpahkan sup karena tidak bias memasak ia membumbui sup tersebut dengan dengan ngawurnya. Akhirnya Remy yang membumbuinya sehingga menjadi sup yg lezat yang saat itu dipesan oleh kritikus masakan perempuan sehingga linguny mulai dikenal sebagai chef muda berbakat.
Singkat cerita ketenaran Linguny membuat Anton Ego dating untuk mencicipi masakan Linguny, akhirnya linguny berkata jujur kepada semua pegawai restoran Gusteou bahwa ia tidak bisa masak, selama ini yang membuat masakan adalah tikus jenius Remy, semua pegawai akhirnya keluar setelah kecewa mendengar penyataan Linguny. Remy dengan dibantu oleh ayah dan seluruh koloni tikus memasak masakan untuk Anton Ego dan seluruh tamu restoran gusteou malam itu dan Linguny bertugas sebagai pelayan yang melayani para tamu. Setelah mencoba Rattatouille buatan Remy, Anton Ego takjup, sehingga teringat akan masa kecilnya ketika miskin ibunya selalu memasak Rattatouille untuknya itulah masaka terlezat bagi Anton Ego, karena merasa penasaran dengan chef yang memasak Rattatouille Anton Ego ingin berterima kasih, Linguny mengijinkan asal menunggu semua pengunjung sudah pulang, Anton Ego tidak keberatan menunggu lama. Alangkah terkejutnya dia setelah mendapat penjelasan dari Linguny tentang Remy, sejak saat itu runtuhlah kesombongan Anton Ego sebagai kritikus dan mengakui semboyan chef Gusteou Anyone Can Cook.
Karena film itulah aku mencoba membuat resep Rattatouille yang dari rasa memang sederhana kuahnya sedap tapi menurutku kurang pedas karena aku suka pedas. Aku memakannya dengan roti Perancis panggang sehingga rasanya menjadi semakin mantap dan selalu membuatku kangen untuk membuat Rattatouille lagi. Perancis memang kaya dengan resep-resep yang lezat dan menggugah imaginasi untuk memasak dan rasanya selalu membuat kangen untuk mencobanya lagi. So Bone Appetite…

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...