Affiliate Program

Menu Berbuka Ala Japan

Anmitsu
Anmitsu adalah makanan pencuci mulut yang telah menjadi favorit masyarakat Jepang. Makanan ini terbuat dari irisan agar-agar berwarna putih yang terbuat dari rumput laut. Agar-agar tersebut biasanya dibuat dengan mencampurkan bubuk agar dengan air atau jus buah. Agar-agar tersebut kemudian disajikan dalam mangkuk kecil bersama pasta azuki, kacang polong rebus, gyuuhi (semacam mochi, terkadang shiratama) dan irisan buah semisal persik, jeruk, nanas dan ceri. Sebelum disantap biasanya anmitsu diberi mitsu, semacam sirup manis berwarna hitam.

Learn to Cook!
Amaretto Anmitsu
Buatlah agar-agar terlebih dahulu dan beri campuran amaretto (semacam minuman beralkohol,bila tak suka tak usah dimasukkan. Dinginkan dan iris dadu ukuran 1x1x1cm. Untuk membuat sirupnya, masukkan 2 sdm madu ke dalam 80 ml air, dinginkan. Siapkan wadah beruba mangkuk kecil. Masukkan irisan agar-agar, kacang polong rebus, pasta azuki, manisan buah kesemek,hiasan gula-gula, kuzumochi (lokum,semacam gula-gula) ke dalam mangkuk tersebut. Masukkan satu atau dua tetes amaretto sebagai penambah aroma (bisa diganti dengan rum kue, bila tak suka tak usah dimasukkan) kemudian siram dengan sirup madu.

Shiratama
Shiratama adalah bola-bola dango yang dibuat dengan bahan dasar tepung beras yang disebut tepung shiratama. Cara membuatnya persis seperti membuat kue kelepon, namun tanpa isi gula merah. Shiratama banyak dijadikan campuran untuk membuat makanan yang rasanya manis, kalau di Indonesia mungkin mirip candil untuk kolak.

Learn to Cook!
Shiratama Summer Dessert
Campurkan tepung beras dengan air, uleni hingga lembut. Untuk variasi warna, pisahkan adonan menjadi beberapa bagian dan beri bubuk matcha untuk warna hijau atau air umezu untuk warna merah. Bila kesulitan mencari kedua bahan tersebut gantilah dengan essens pasta pandan dan stoberi. Bulat-bulatkan adonan menjadi bola-bola

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...